Yuk Nostalgia dengan Seri Jadul Nintendo Switch dari Mulai Awal Munculnya

Nintendo Switch sekarang ini kembali pada masa keemasannya, karena berhasil menghadirkan sebuah konsol game yang sangat inovatif. Pada awalnya, konsol ini juga merajai video game di eranya dengan seri jadulnya Nintendo Entertainment System (NES). 

Nah, bagi kamu yang kangen dan ingin bernostalgia, berikut ini konsol Nintendo dari mulai awal kemunculannya hingga saat ini:

  • Nintendo Entertainment System (NES)

Pertama kali Nintendo muncul dengan NES di tahun 1983. Video game pertama ini menjadi game paling populer di zamannya. Beberapa game yang bisa dimainkan saat itu adalah Super Mario Bros, Legend of Zelda, Contra, Duck Hunt, Metroid, dan lain sebagainya.

  • Game Boy

Konsol Nintendo selanjutnya ini dirilis pada 1989 di Jepang. Game dengan konsol permainan 8bit ini sangat terkenal dengan Tetris, dan berhasil menjual hingga 120 juta kopi. Meski hanya dengan grafik sederhana, namun mampu membuatnya sangat populer dan digemari oleh pecinta game di seluruh dunia.

  • Super Nintendo Entertainment System (SNES)

Seri Nintendo selanjutnya merupakan pengembangan dari NES. Namun, penjualannya tidak masih kalah dibandingkan dengan yang pertama, karena terjadi persaingan sangat ketat dengan Sega Mega Drive. Namun, pada seri ini lahir game yang sangat fenomenal, seperti Final Fantasy 6, Super Metroid, hingga Earthbound.

  • Virtual Boy

Seri yang satu ini bisa dibilang sebagai prototipe dari virtual reality atau VR pada zaman sekarang. Namun, pada saat itu belum ada teknologi yang bisa melengkapinya, sehingga dianggap sebagai teknologi yang terlalu maju.

Virtual Boy ini dirilis pada 1995 dan dianggap sebagai konsol yang gagal oleh Nintendo. Pasalnya, banyak pengguna merasa tidak nyaman mengenakannya di kepala dan mengalami motion sickness.

  • Nintendo 64

Konsol ini memiliki saingan sangat berat saat itu, seperti SEGA Saturn, dan Sony PlayStation. Meski demikian, masih banyak yang menggunakannya untuk game-game eksklusif yang hanya bisa digunakan di Nintendo 64 ini. Selain itu, salah satu game terbaik saat itu dan pastinya akan terus diingat adalah The Legend of Zelda: Ocarina of Time.

  • Game Boy Advance

Konsol game ini memiliki performa yang banyak dikritik oleh penggemarnya saat itu. Salah satunya mengenai layar yang sangat gelap ketika digunakan di tempat kurang cahaya. Namun demikian, konsol game ini tetap banyak dicari karena kehadiran sebuah game, yaitu Pokemon.

  • Game Cube

Dari konsol inilah mulai terjadi sebuah kolaborasi game, bahkan dianggap sebagai proyek kolaborasi yang paling ambisius. Salah satunya adalah game Smash Bros Meele. Game ini mendatangkan berbagai karakter game dari developer lainnya. Sayangnya, banyak kritikan mengenai desain dari konsol ini, mulai dari warnanya yang ungu, dan bentuknya yang kubus.

  • DS

Seri Nintendo yang satu menjadi produk yang kembali membuat Nintendo merajai konsol game. Desainnya yang bisa digenggam, dengan dua screen, dan fiturnya yang sangat canggih pada saat itu, membuatnya bisa terjual hingga 154 juta kopi. 

Konsol ini dirilis pada 2004 dan sudah mampu memberikan teknologi wireless yang membuat para pemain bisa saling berinteraksi. Selain itu, ada juga fitur mikrofon yang memungkinkan para pemain dalam jangkauan tertentu mampu berkomunikasi.

Salah satu game favorit yang saat itu banyak dimainkan adalah Cooking Mama.

  • Wii

Konsol Nintendo yang satu ini dirilis pada 2006 lalu dengan penjualan yang mampu melebihi para pesaingnya, yaitu Xbox dan PlayStation 3. Saat itu Wii sudah mampu mengembangkan teknologi wireless, dan sensor gerak. Game-game yang disediakan memberikan alternatif bagi pecinta game bisa bermain game sambil berolahraga. Konsep ini menjadi salah satu yang sangat populer dan berhasil menarik banyak pecinta game.

  • 3DS

Konsol game ini masuk dalam kategori handled yang selalu ingin dikenalkan oleh Nintendo. Sayangnya, mobile games yang sudah canggih dan dengan harga yang sangat terjangkau. Berbeda dengan 3DS, meski memiliki tawaran permainan berkonsep 3D, namun harganya sangat mahal.

  • Wii U

Konsol Nintendo seri ini merupakan penerus dari Wii, hanya saja penjualannya sangat rendah. Banyak sekali kritikan pada seri ini, karena memiliki baterai dengan masa penggunaan yang pendek. Game ini dirilis pada 2012 lalu dan mendapatkan persaingan sangat berat dari game-game lainnya, seperti Microsoft Xbox One, Sony PlayStation 4, dan semakin banyaknya mobile games yang lebih canggih.

  • Nintendo Switch

Konsol yang satu ini seakan menjadi lahirnya kembali kejayaan Nintendo. Dengan penyematan teknologi yang canggih, menggabungkan berbagai fitur menarik, menggunakan gamepad tradisional yang sangat nyaman digunakan, dan juga memiliki kualitas game yang banyak disukai. Nintendo Switch ini dirilis pada 2016, dan mulai semakin populer pada tahun berikutnya.

Hingga sekarang Nintendo Switch terus dikembangkan, bahkan di 2021 mendatang akan hadir seri terbaru. Dimana sudah banyak penggemar game yang menanti-nantikannya.

Itulah beberapa seri jadulnya Nintendo Switch dari awal hingga sekarang. Jadi, mana saja konsol game Nintendo yang kamu punya?

You Might Also Like
Leave a Reply