4 Langkah Awal Mengelola Keuangan Yang Benar Bagi Pemula

Pastinya setiap orang akan merasakan kesulitan dalam hal mengelola keuangan mereka. Apalagi bagi mereka yang masih awam dengan tips dan trik cara tepat mengaturan keuangan. Hal tersebut dapat memungkinkan setiap pendapatan yang dimiliki selalu tidak bisa mencukupi hingga akhir bulan dan itu pastinya akan membuat merasa sangat kesal.

Para pemula tidak perlu khawatir karena dapat menerapkan 4 langkah awal dibawah ini sebagai cara mengelola keuangan yang benar diantaranya yaitu :

  • Tetapkan Niat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memulai merupakan bagian paling sulit dalam mencapai tujuan apapun. Misalnya dalam kasus rencana untuk mengelola keuangan adalah dengan menyisihkan sekitar 20 % dari penghasilan untuk ditabung. Tetapi kebanyakan orang seringkali menunda rencana tersebut hingga munculnya rencana baru bahwa akan menabung saat dapat menghasilkan banyak uang.

  • Menggunakan Rumus Untuk Mengatur Anggaran

Adanya sebuah rumus yang dapat digunakan saat akan mengatur keuangan. Dengan menggunakan formula ini, para pemula tidak hanya dapat mengatur keuangannya dengan baik saja, tetapi juga bisa mendapatkan keuntungan yang lainnya. Misalnya mereka bisa memiliki dana persiapan untuk masa tua atau menyiapkan dana untuk sebuah keinginan.

  • Memanfaatkan Teknologi

Semakin canggihnya teknologi saat ini pastinya bisa mempermudah kehidupan sehari hari. Oleh karena itu memanfaatkan teknologi merupakan langkah tepat yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan yang dimiliki. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan aplikasi pengelola finansial yang banyak tersedia di internet.

  • Saatnya Mulai Pikirkan Keinginan Atau Impian

Saat ketiga langkah diatas sudah diterapkan, maka sekarang saatnya untuk berbangga pada diri sendiri. Sekarang Anda sudah menetapkan tujuan ambisius untuk menjadikan kehidupan finansial milik Anda menjadi lebih baik.

Itulah 4 langkah awal mengelola keuangan yang benar bagi pemula. Sekarang saatnya Anda untuk memulai memikirkan impian yang lainnya misalnya untuk biaya kuliah anak Anda nanti, memiliki rumah idaman sendiri, atau bahkan berlibur ke luar negeri bersama keluarga.

You Might Also Like
Leave a Reply