5 Manfaat Luar Biasa Oyong Untuk Kesehatan Tubuh

Kemungkinannya kamu pernah makan sayur gambas atau yang lebih dikenal dengan sebutan sayur oyong. Jenis sayuran ini memang sudah banyak tersedia di pasar atau warung terdekat, sangat cocok diolah menjadi sayur lezat yang enak dan nikmat. Oyong tidak hanya dapat diolah menjadi makanan yang dapat menggugah selera makan saja, tetapi jug menawarkan banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Berikut dibawah ini 5 manfaat luar biasa oyong untuk kesehatan tubuh diantaranya yaitu :

  • Mencegah Penyakit Mata

Kandungan Vitamin A yang banyak dalam oyong dapat membantu mencegah dari degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Penelitian yang dilakukan oleh National Eye Institute membutikan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, tembaga, serta Seng memiliki penurunan risiko dari degenerasi makula sebesar 25 % selama enam tahun.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan Vitamin B5 dalam oyong bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dalam 100 gram oyong mengandung Vitamin B5 sebesar 0,829 mg.

  • Mencegah Diabetes

Oyong juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah diabetes. Pasalnya oyong mengandung mangan yang merupakan faktor penting dalam memproduksi enzim pencernaan yang berfungsi untuk memproses glukoneogenesis dalam tubuh.

  • Mencegah Nyeri Otot

Kamu juga dapat memanfaatkan oyong untuk mencegah nyeri otot. Hal tersebut dikarenakan oyong mengandung kalium yang berfungsi untuk menstabilkan cairan dan melemaskan otot. Tubuh yang kekurangan kalium dapat menyebabkan kram otot, kejang, serta nyeri.

  • Membuat Kulit Sehat

Tidak banyak yang tahu bahwa oyong juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dikarenakan oyong mengandung Vitamin C yang banyak yang dapat membantu mencegah terjadinya keriput, mengurangi kulit kering, serta mencegah penuaan dini.

Selain itu masih ada manfaat luar biasa lainnya dari oyong untuk kesehatan tubuh seperti membantu mengobati anemia. Kandungan vitamin B6 dalam oyong sangat penting untuk menghasilkan hemoglobin dalam darah. Nantinya hemoglobin tersebut akan membantu memobilisasi zat besi dan membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh.

You Might Also Like
Leave a Reply